Sabtu, 21 April 2012

Bermula Dari Sayembara Iblis


 
            Memang semua yang menjadikan tergelincirnya umat manusia tidak terlepas dari sayemba sang iblis Laknatullah Alaih, yang senantiasa menggoda manusia supaya ingkar terhadap sang kholik, yakni Allah Azza Wajalla.

2,1. Asal usul setan
Kata setan sÜø¤±9$# dengan berakhir huruf nun ( b) asli, artinya jauh dari kebenaran atau jauh dari  rahmat Allah. Dan ada juga yang berpendat syatho yasuthu yang artinya terbakar dan marah, Abu Ubaidillah Rohimallah berkata : ” Setan ialah setiap durhaka baik dari jin manusia maupun hewan. Rasulullah bersabda :” sesungguhnya anjing hitam pekat itu adalah setan.” (HR At-Tirmidzi).
Setan  bisa masuk kepada manusia melalui dua pintu utama, yaitu melalui pintu syubhat dan syahwat, seseorang tidak akan berbuat zina dan kemaksiatan lainnya, tanpa melalu dua pintu tersebut. Dua pintu tersebut merupakan penghalang sehingga seorang muslim, tidak mendapatkan ridho Allah, yakni surganya Allah serta jauh dari neraka.[8]

2,2.  Pengibaran bendera permusuhan
                             Sejak awal diciptakan manusia, iblis telah menghembuskan serta mengibarkan bendera permusuhan terhadap Adam dan keturunannya. Ia bertekad untuk membuat tipu daya, agar manusia mau menuruti langkah-langkahnya. Berbagai cara ditempuhnya, beragam peroyek di buatnya[9],dan bermacam tipu daya dilancarkan demimenysatkan dan mempropagandakan umat manusia. Allah Tabaroka wa Ta’Ala berfirman :
 
Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma'siat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya,Kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis[10] diantara mereka.”  (QS al-Hijr :39-40)                                                                                                                                                                                                                                                        
2,3. Iblis Musuh yang Nyata bagi Manusia
                            Iblis dan seluruh bala tentaranya, adalah musuh yang nyata bagi manusia. Perang yang dikobarkan tak terbatas masa tertentu, ruang tertentu ataupun kalangan tertentu. Permusuhan yang mereka hembuskan tak terbatas pada segelintir manusia, namun seluruh manusia. Bahkan jika bisa mereka mencita-citakan bahkan berplening agar tidak satupun manusia untuk diperbudak olehnya. Dendam yang ia kobarkan dan api permusuhan yang ia hembuskan itu berterusan hingga akhir zaman. Allah Ta’ala berfirman :
Ÿ  
“ Dan janganlah kamu sekali-kali dipalingkan oleh syaitan; Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.”(QS az-Zukhruf : 62)
Ç                            Dan zina adalah salah satu pilihan demi menebarkan kerusakan diantara manusia. Menjadikan zina sebagai wabah ataupun wadah untuk cara mereka menebur petaka,menghancurkan dasar-dasar dan sendi-sendi kemulyaan,meghapus kesucian fithroh manusia,serta menyebar ratakan kekejian.Allo Ta’ala berfirman :    
 “Dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.”(QS al-Isroo :32)
                            Nabi menyampaikan bahwa iblis menyebar bala tentaranya kemuka bumi dan berkata, “siapa diantar kalian yang menyesatkan seorang muslim, akan aku kenakan mahkota diatas kepalanya, dan siapa yang paling dahsyat fitnahnya maka dialah yang paling dekat kedudukannya dengan ku.salah satu tentaranya menghadap dan berkata,”Aku menggoda sifulan hingga mau menceraikan istrinya,”Iblis berkata,”Aku tidak akan memberimu mahkota karena bisa jadi dia akan menikah lagi dengan wanita lain,”Tentara yang lain berkata,”Aku tanamkan api permusuhan diantara mereka dan saudaranya.”Iblis berkata aku tidak akan memberimu mahkota kepadamu karna suatu saat merka akan berdamai.”Dan tentara yang lainpun berkata,”Aku menggoda sifulan hingga iamu berzina,”Iblis berkata,” Bagus....bagus.......! maka iblispun mengenakan mahkota kepada tentaranya tersebut.
                            Hadits semisal pula diriwayatkan oleh Imam Ahamad :”Jika datang pagi hari,iblis menyebar tentaranya kemuka bumi lalu berkata,”Siapa diantara kalian yang menyesatkan seorang muslim maka akan aku kenakan mahkota dikepalanya,”Salah satu tentaranya menghadap dan berkata,”Aku terus menggoda sifulan hingga ia mau menceraikan istrinya,”Iblis berkata,”Ah,bisa jadi dia akan menikah lagi,”Tentara lain menghadap dan berkata,”Aku menggoda sifulan dan sifulanah hingga ia mau berzina,”Iblis berkata kamu yang mendapat mahkota.[11]
                            oleh karena itulah kita harus senantiasa berhati-hati karena iblis selalu menodai diri manusia dengan menebar pasukan-pasukan mereka. Ketahuilah, setan menuntun kekasih-kekasihnya keneraka. Dan setan merupakan suatu hakikat bagi tiap manusia, kecuali bagi Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam. Hal ini dijelaskan dalam banyak hadits Nabawi, bahwa setan mengalir di dalam tubuh manusia dalam aliran darah.[12



[8] Abdul Hamid dalam Ila Ukhti Ghoiru Al-Mahabbah Ma Al –Man’u, terjemahan Ainul haris Umar, Jakarta : Akafa Pres, cet. Pertama,thn. 1998
[9] Abu Umar Abdillah dalam Sayembara iblis, Klaten :wafa press solo, Cet .Pertama, hal 12
[10] Yang dimaksud mukhlis adalah orang-orang yang telah diberi taupik untuk mentaati segala petunjuk dan perintah Allah Ta’ala.
[11] Hadits Riwayat Ahmad dan Ibnu Hiban,dishahihkan oleh Al-Albani dalam Ashohihah no. 1280
[12] Aidh Al-Qorni, Cambuk Hati, terj. Bahrun Akbar, Bandung : Irsyad Baitussalam, thn. 2004, cet. 10, hal. 270.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar